Jumat, 05 Desember 2014

Menggali Pengetahuan Dengan Berdiskusi

Sumber Foto: http://www.titahsurga.com/
Ilmu merupakan alat yang paling utama untuk mencapai kesuksesan dalam menjalani  roda kehidupan. Cara untuk mencapai ilmu bisa dengan mengikuti program pendidikan formal ataupun non-formal mulai dari tingkat TK, SD, SMP, SMA sampai Perguruan Tinggi ataupun mendapatkan secara otodidak. Untuk mendapatkan ilmu pengetahuan, salah satunya adalah dengan membaca buku. Akan tetapi kalau hanya dengan membaca bukuterkadang kita tidak memahami secara mendalam esensi dari apa yang dituliskan. Maka dari itu dibutuhkan yang namanya pemecah masalah dan menghasilkan solusi agar mencapai ilmu yang baik serta benar, melalui diskusilah atau pertemuan ilmiah untuk bertukar pikiran mengenai suatu masalah entah itu masalah yang terdapat dalam buku maupun yang tidak, hal tersebut merupakan cara yang efektif dalam proses mendapatkan ilmu pengetahuan.
                   Diskusi merupakan ajang untuk bertukar fikiran untuk mencapai ilmu dan solusi yang benar dari permasalahan-permasalahan yang ada dilingkungan kita, kegiatan diskusi juga mampu meningkatkan kesadaran setiap individu untuk lebih giat lagi dalam membaca buku dan menuntut ilmu.
                   Dalam kamus bahasa indonesia arti diskusi adalah sebuah interaksi komunikasi antara dua orang atau lebih/kelompok. Biasanya komunikasi antara individu/kelompok tersebut berupa salah satu ilmu atau pengetahuan dasar yang akhirnya akan memberika pemahaman yang baik dan benar. Diskusi bisa berupa apa saja yang awalnya disebut topik, dari topik inilah diskusi berkembang dan diperbincangkan yang pada akhirnya akan menghasilkan suatu pemahaman dari topik tersebut.[1]

                   Metode diskusi sangat baik untuk di aplikasikandikalangan pelajar karena banyak pengetahuan yang dapat menambah wawasan kita melalui pertukaran pikiran, selain itu bisa memberikan pemahaman-pemahaman ilmu yang baik dan benar. Kurangnya minat bagi para pelajar untuk berdiskusi merupakan hal yang sangat merugikan untuk pengembangan intelektual, sehingga perlu ada penyadaran bahwa sesungguhnya diskusi sangat penting bagi para penerus kemajuan bangsa. (Boy)



[1] http://id.wikipedia.org/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar