Selasa, 09 Desember 2014

Wirausaha Kantin Kejujuran

Sumber Foto : http://husnanbeyfananie.blogspot.com/
                Kantin merupakan wahana atau tempat dimana fasilitas makanan dan minuman dan lainnya ada di dalam suatu lokal atau tempat, biasanya kantinsering kita temukan di sekolah, tempat kerja, kampus dll. Jujur merupakan salah satu sifat terpuji yang sangat jarang dimiliki oleh manusia karena sifat jujur ini sangat sulit diterapkan, terkadang tanpa tidak di sengaja pun seseorang bisa tidak jujur apalagi ketika dalam keadaan mendesak.
Kantin kejujuran merupakan tempat untuk menjual makanan dan minuman.  Namun, yang menarik dalam program ini ialah si penjual tidak menunggu seperti halnya warung-warung lain akan tetapi hanya memfasilitasi atau menyediakan makanan yang akan di jual. Kantin kejujuran ini mengandalkan kejujuran seseorang yang membeli, semua pembeli berhak dengan bebas mengambil makanan atau minuman yang di inginkan tapi dengan satu hal yaitu kejujuran individu lah yang di jadikan tameng. Disamping tempat makanan yang di jual di sediakan kotak guna menaruh uang tersebut dan apabila ada kembalian pembeli itu sendiri yang menghitungnya. Salah satu motto yang di tanamkan di kantin kejujuran ini adalah “Allah melihat malaikat mencatat.

Kantin kejujuran bertujuan untuk melatih kejujuran individu sekaligus membangun moral dan akhlak nya yang sering kali sifat ini sangat jarang di terapkan serta mengajarkan individu untuk tidak berkorupsi. Kantin kejujuran ini merupakan salah satu program pembelajaran Pemberdaya Muda di mana para anggota didalamnya belajar dan menambah ilmu serta pengalaman bagaimana memberdayakan masyarakat dan berwirausaha yang bertujuan mengasah kejujuran. Program ini memang sudah umum dilakukan banyak orang, tetapi tidak ada salahnya kita mencoba untuk melakukan hal yang sama karena ini pembelajaran yang baik untuk semua orang. (Jng)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar